Search This Blog

Friday, March 25, 2016

Kegiatan yang Dilakukan Saat OSPEK


Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus atau yang lebih dikenal dengan OSPEK, pada dasarnya merupakan kegiatan yang diadakan sebuah universitas untuk membantu mahasiswa mengenal lebih dekat tentang kampus tersebut, serta beradaptasi dengan lingkungan kampus. Tapi sebenarnya apa saja yang dilakukan selama OSPEK? Apa saja manfaat OSPEK? Pentingkah OSPEK? Mari kita bahas.

Kegiatan OSPEK dibagi menjadi 3 bagian yaitu briefing OSPEK, OSPEK, dan penutupan OSPEK.

Briefing OSPEK
Pada briefing OSPEK kalian akan diundang ke kampus via surat atau via online ataupun di telpon. Disini kalian akan diberi tahu apa saja yang harus kalian bawa, pakaian apa yang harus kalian pakai, dengan siapa kalian akan dikelompokkan, dimana kalian berkumpul, berapa lama OSPEK dan tanggal OSPEK akan dilaksanakan. Beberapa kampus biasanya akan menyuruh kalian untuk berkenalan dengan kelompok kalian.

OSPEK
OSPEK biasanya dilakukan 3 – 6 hari. Hari pertama kalian harus pergi ke tempat yang sudah dikatakan saat briefing dan berkumpul bersama teman2 satu kelompok. Biasanya pada hari pertama kalian akan dikenalkan dengan senior yang akan membimbing kalian hingga OSPEK selesai. Selanjutnya kalian akan diarahkan oleh senior tentang kegiatan yang akan kalian lakukan selama OSPEK. Pada umumnya kalian akan berkelling kampus, upacara dan mengikuti banyak seminar. Seminar yang akan diadakan antara lain tentang penjelasan jurusan yang akan kalian masuki, sistem kampus, unit kegiatan kampus, pengenalan staff2 kampus, tata tertib kampus, serta penyuluhan2.

Penutupan OSPEK
Pada penutupan OSPEK ini kalian akan diresmikan menjadi mahasiswa karena dianggap sudah mengerti tata tertib kampus. Penutupan OSPEK dilakukan berbeda beda setiap kampus, ada yang melakukan pidato, upacara hingga flash mob.

Pentingnya OSPEK
OSPEK merupakan kegiatan penting karena mencangkup berbagai fungsi sebagai berikut:
1. Membimbing calon mahasiswa untuk mengenal lingkungan kampus serta memahami  
    mekanisme yang berlaku di kampus tersebut.
2. Menambah wawasan tentang penggunaan fasilitas yang ada di kampus secara maksimal.
3. Memberi penjelasan tentang norma-norma dan kode etik yang ada di kampus.
4. Memberi penjelasan tentang sistem perkuliahan.
5. Menambah wawasan tentang jurusan yang akan dimasukki.
6. Beradaptasi dengan mahasiswa-mahasiswa lain.


Namun pada kegiatan OSPEK di Indonesia tidak jarang kita temui tindak kekerasan verbal maupun fisik. Sisi negatif dari OSPEK tersebut biasanya bukan acara formal yang diadakan oleh kampus, melainkan kegiatan informal yang diadakan oleh senior-senior yang pada mulanya bertujuan untuk mengakrabkan mahasiswa satu dengan yang lain. Walaupun secara resmi, sebagian besar OSPEK yang negatif sudah diberhentikan.

Sekian artikel tentang OSPEK ini. Terus ikuti artikel-artikel Kampus Salmon. Jangan bosan-bosan menambah wawasan. Salam Salmoners xo.


No comments:

Post a Comment