Search This Blog

Thursday, June 15, 2017

Definisi HMJ dan Perbedaannya dengan Hima, Himaprodi, HMP, Senat

Pengertian HMJ

Di sekolah tentu kita sudah tidak asing lagi dengan sebutan OSIS atau Organisasi Siswa Intra Sekolah. Kalian yang sudah pernah berkecam dalam OSIS akan mudah mengerti apa itu HMJ.

Definisi Singkat


HMJ atau Himpunan Mahasiswa Jurusan adalah organisasi mahasiswa di suatu perguruan tinggi yang memiliki visi memajukan jurusan dengan misi – misinya. Misi atau kegiatan yang dilakukan HMJ antara lain dengan mengadakan acara seminar, workshop atau kunjungan industri sesuai dengan jurusan. Contohnya jurusan DKV (jurusan gue) seminar yang diadakan adalah seminar Digital Painting, Workshop cara menggunakan PenTab, dan kunjungan industri ke Faber Castel dll.

Berbeda dengan Senat, senat juga merupakan organisasi mahasiswa di suatu perguruan tinggi namun dengan kapasitas yang lebih besar. Jika HMJ mengurus suatu jurusan, Senat mengurus satu fakultas dan dengan visi memajukan satu fakultas tersebut. Baca pengertian fakultas dan jurusan pada (link)


Perbedaan HMJ, HMP, Hima Prodi, Hima


HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan)
HMP (Himpunan Mahasiswa Program Studi)
Hima Prodi (Himpunan Mahasiswa Program Studi)
Hima (Himpunan Mahasiswa )

Pada dasarnya semua memiliki arti dan visi yang sama, hanya masalah penyebutan saja. Tidak semua perguruan tinggi menyebut jurusan mereka sebagai ‘jurusan’ ada yang menyebutnya sebagai ‘program studi’. Sebagai contoh, kebanyakan universitas menyebut jurusan merreka sebagai ‘program studi’ dan Institut menyebutnya sebagai ‘jurusan’. 

Kegiatan Hima


Gue adalah seroang mahasiswa DKV dan gw menjabat sebagai Hima bagian Public Relation pada tahun 2016 hingga 2018 nanti. Kampus gw menyebut HMJ sebagai Hima Prodi dan untuk mempersingkat biasa gw dan teman – teman menyebutnya menajadi Hima. Periode jabatan Hima di setiap perguruan tinggi berbeda beda, sistem kerjanya pun berbeda beda. Ada perguruan tinggi yang periode menjabat Hima nya dari semester 1 hingga lulus ada juga yang hanya 4 semester dll. Ada juga Hima yang digaji tapi dikampus gue itu tidak terjadi. Kegiatan Hima ada banyak banget mulai dari menyelenggarakan ospek, mengadakan seminar, mengadakan event, workshop, talkshow, lomba, kunjungan industri dan lain lain.


Mungkin sekian penjelasan dari gw tentang HMJ, Thanks buat semua yg baca sampe abis. Rajin rajin lah membaca, percayalah ilmu ga ada yang sia sia. Bhay

No comments:

Post a Comment