Search This Blog

Thursday, June 15, 2017

9 Istilah Dasar dalam Perkuliahan

1. SKS (Satuan Kredit Semester)


SKS merupakan satuan ukuran yang digunakan setiap perguruan tinggi untuk mengukur seberapa besar bobot dari masing- masing mata kuliah. Misalnya mata kuliah Teori Warna berbobot 4 SKS sedangkan mata kuliah Sejarah Seni Rupa berbobot 2 SKS. Dari perbedaan SKS nya sudah bsia disimpulkan bahwa Teori Warna merupakan kelas yang lebih lama durasinya dari pada Sejarah. Biasanya  1 SKS itu 50 Menit dan ada break kelas 20 menit pada matkul 4 SKS.
Pada semester  pertama biasanya sudah diberikan paket mata kuliah 20 SKS. Untuk lulus hingga S 1 sekiranya  membutuhkan 144-160 SKS, sementara untuk program diploma diperlukan 110-120 SKS.
Untuk lebih jelasnya silahkan baca disini Penjelasan SKS dalam Kuliah.

2.  KRS (Kartu Rencana Studi)


Kebanyakan perguruan tinggi menyebutnya KRS tapi ada juga yang menebutnya Kartu Perencanaan Studi Mahasiswa (KPSM) atau Formulir Rencana Studi (FRS). KRS merupakan data semua mata kuliah yang akan kita ambil dalam 1 semester.
Misalnya kalian memilih paket KRS

Teori Warna                          4 SKS      
Tipografi                               4 SKS      
Desain Kemasan                   4 SKS
2d Animasi                            4 SKS
Bahasa Inggris                        2 SKS
Agama                                    2 SKS

Berarti itulah mata kuliah yang akan kalian jalani selama 1 semester.

3. IPS (Indeks Prestasi Semester)


Orang biasa menyebutnya IP adalah hasi rata-rata nilai dalam 1 semester. IP paling tinggi yaitu 4 .00 yang menandakan semua mata kuliah mendapat nilai A.


4. IPK (Indeks Prestasi Kumulatif)


Sama saja dengan IPS, berbobot paling tinggi 4.00 merupakan hasil rata – rata dari semua IPS yang sudah kita dapatkan pada setiap semester.
.

5. KHS (Kartu Hasil Studi)


KHS adalah data hasil belajar kita selama dikampus berisi IPS dan IPK serta prestasi – prestasi lainnya yang sudah kita dapatkan selama dikampus, seperti raport ketika SMA.


6. SP (Semester Pendek)


Semester pendek biasanya diadakan ketika liburan semester genap ke ganjil. Semester pendek ini berrtujuan untuk memperbaiki nilai mata kuliah yang tidak memenuhi syarat lulus.


7. UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa)


UKM merupakan kegiatan di luar mata kuliah yang diadakan tiap kampus. Mahasiswa bebas memilih UKM apa yang ingin diambil tanpa memandang jurusan. Sisanya tinggal kita sendiri yang mengatur waktu agar sesuai dengan jadwal kelas kita. UKM biasanya ada musik, teater, ke-agamaan, bela diri dan lain - lain.


8. PKL (Praktek Kerja Lapangan)


PKL biasanya ada di semester atas misalnya 7 atau 8. Kita akan ditempatkan di perusahaan sesuai dengan bidang kita oleh kampus selama jangka waktu tertentu.


9. Fakultas



Fakultas adalah gabungan dari beberapa jurusan. Penggolongan jurusan ini dibedakan dari kegunaan lulusan tiap jurusan didunia kerja. Contohnya, DKV dan IT, karena Desain dan Program merupakan 2 hal yang dibutuhkan untuk dunia game maka DKV dan IT bisa jadi 1 fakultas.  Fakultas biasanya ada di universitas dengan pengelompokan yang berebeda – beda. 

No comments:

Post a Comment