Search This Blog

Thursday, June 15, 2017

Penjelasan SKS dalam Kuliah

Pengertian SKS


SKS (Satuan Kredit Semester)


Sebelum masuk kuliah gw pusing banget mikirin apa sih SKS. Setiap gw ketemu sepupu gw yang udah masuk kuliah, hal pertama yang  gw tanyain pasti sks, abis itu baru nanya kabar.

SKS merupakan satuan ukuran yang digunakan setiap perguruan tinggi untuk mengukur seberapa besar bobot dari masing- masing mata kuliah. Misalnya mata kuliah Teori Warna berbobot 4 SKS sedangkan mata kuliah Sejarah Seni Rupa berbobot 2 SKS. Dari perbedaan SKS nya sudah bsia disimpulkan bahwa Teori Warna merupakan kelas yang lebih lama durasinya dari pada Sejarah. Biasanya  1 SKS itu 50 Menit dan ada break kelas 20 menit pada matkul 4 SKS.

SKS juga sebagai satuan ukur untuk kelulusan, contoh simple ‘misalnya’ si Andi berkuliah di jurusan DKV dan membutuhkan 25 SKS untuk lulus. Matkul yang tersedia adalah

Teori Warna                            4 SKS       (Wajib)
Tipografi                                4 SKS       (Wajib)
Desain Kemasan                    4 SKS
2d Animasi                            4 SKS
3d Animasi                            4 SKS
Komunikasi Visual                4 SKS
Pkn                                        2 SKS       (Wajib)
Sejarah                                   2 SKS
Bahasa Inggris                       2 SKS
Agama                                   2 SKS


Pertama tama Andi harus mengambil mata kuliah wajib terlebih dahulu yaitu Teori Warna, Tipografi dan Pkn (4+4+2) 10 SKS. Sisa SKS yang harus Andi ambil adalah 15 SKS lagi untuk lulus. (Permisalan)
Pada semester  pertama biasanya sudah diberikan paket mata kuliah 20 SKS. Untuk lulus hingga S 1 sekiranya  membutuhkan 144-160 SKS, sementara untuk program diploma diperlukan 110-120 SKS.


Mempercepat Kelulusan dengan Menambah SKS



Situ bisa nambah SKS dengan mengurusnya ke Layanan Mahasiswa atau Kemahasiswaan. Penambahan SKS tentu dilakukan dengan syarat IP mencukupi. Di kampus gw IP minimal yang harus didapat untuk mengambil lebih dari 20 SKS adalah 3.00 . Berbeda kampus tentu berbeda sistemnya, ada kampus yang jika kita mengambil SKS banyak akan lebih cepat lulus, ada juga yang sama aja lulusnya 4 tahun.

Di kampus gw lulusnya sama aja 4 tahun, tapi keuntungannya yaitu gw bisa mengambil OJT atau PKL lebih lama dan lebih fokus tanpa diganggu mata kuliah yang seharusnya ad. karena sudah diambil di semester awal.
Intinya kita jangan pusing-pusing tentang SKS ini, karena ketika masuk kuliah kita pasti di briefing terlebih dulu tentang Satuan Kredit Semester dan bagaimana sistemnya dikampus tersebut. Pada dasarnya setiap kampus sistemnya sama , hanya mungkin ada sedikit perbedaan dari maksimal pengambilan SKS, minimal IP yang dibutuhkan untuk menambah SKS dan percepatan kelulusan dengan menambah SKS. Sekian tentang SKS guys semoga kalian paham.


No comments:

Post a Comment